Oleh :
Muhammad Rafi Fahreza (C1C015001)
Rahmi Hilmayani (C1C015014)
Grahfita Rahma Aprilia (C1C015061)
Shidqi Kurnia (C1C015066)
Teori Fraud
Triangle
Teori
fraud triangle merupakan
suatu gagasan yang meneliti tentang
penyebab terjadinya kecurangan.
Gagasan
ini pertama kali diciptakan oleh Donald R. Cressey (1953) diperkenalkan dalam
literatur
profesional pada SAS No. 99, yang dinamakan
fraud triangle atau segitiga kecurangan. Fraud triangle menjelaskan tiga faktor yang
hadir dalam setiap
situasi fraud:
1.
Pressure (tekanan), yaitu adanya insentif/tekanan/kebutuhan untuk melakukan
fraud. Tekanan dapat
mencakup
hampir semua hal termasuk gaya hidup,
tuntutan
ekonomi, dan lain-lain
termasuk
hal keuangan dan non keuangan.
Menurut SAS
No. 99, terdapat empat
jenis kondisi yang umum terjadi pada pressure yang dapat mengakibatkan kecurangan.
Yaitu financial stability,
external pressure, personal
financial need, dan financial targets.
2. Opportunity (kesempatan), yaitu situasi
yang membuka kesempatan
untuk memungkinkan suatu kecurangan
terjadi. Biasanya terjadi karena pengendalian internal
perusahaan yang
lemah, kurangnya pengawasan dan
penyalahgunaan
wewenang.
Diantara elemen fraud diamond yang lain, opportunity merupakan
elemen yang paling memungkinkan
diminimalisir melalui penerapan
proses, prosedur,
dan upaya deteksi dini
terhadap fraud.
3. Rationalization (rasionalisasi) yaitu adanya sikap, karakter, atau serangkaian
nilai nilai
etis yang membolehkan
pihak-pihak tertentu untuk melakukan tindakan
kecurangan, atau
orang-orang yang berada dalam lingkungan yang cukup
menekan yang membuat mereka merasionalisasi tindakan
fraud. Rasionalisasi
atau sikap (attitude) yang
paling banyak digunakan adalah hanya meminjam
(borrowing) aset yang dicuri
dan alasan bahwa tindakannya untuk membahagiakan
orang-orang yang dicintainya (Rini, 2012).
Gambar Fraud Triangle
Incentive/Pressure
Opportunity Rationalization
Fraud Diamond
Fraud diamond merupakan
sebuah pandangan baru
tentang fenomena fraud
yang dikemukakan
oleh Wolfe dan Hermanson (2004). Wolfe dan
Hermanson mengatakan “ many frauds would
not have occurred
without the right person
with
the capabilities the details
of fraud”.
Gambar Fraud Diamond
Opportunity
Capability
Secara keseluruhan fraud
diamond merupakan
penyempurnaan dari fraud
model yang
dikemukakan Cressey. Adapun elemen-elemen
dari fraud
diamond theory yaitu pressure,
opportunity, rationalization dan capability.
Capability
sebagai
elemen keempat fraud
Wolfe dan
Hermanson berpendapat bahwa ada pembaharuan fraud triangle untuk meningkatkan kemampuan
mendeteksi dan mencegah fraud yaitu
dengan cara
menambahkan elemen
keempat yakni capability (kemampuan).
“Many frauds, especially some of the multibillion-dollar ones,
would not have occurred
without the right person
with
the right capabilities
inplace. Opportunity opens the
doorway to fraud, and incentive and
rationalization can draw the person
toward it. But the person must
havethe capability to recognize the open
doorway as an opportunity and totake advantage of it by walking through,
not just once, but time and time again. Accordingly, the
critical question
is; Who could
turn an opportunity for fraud into reality?"
Artinya adalah banyak fraud yang umumnya bernominal
besar tidak mungkin terjadi
apabila tidak ada orang tertentu dengan capability
(kemampuan) khusus yang ada
dalam perusahaan.
Opportunity membuka peluang atau
pintu masuk bagi fraud
dan pressure dan rationalization yang mendorong seseorang untuk
melakukan fraud.
Tiga hal yang dapat
diamati dalam
memprediksi penipuan yaitu: 1). Posisi atau
fungsi
resmi dalam organisasi. 2).
kapasitas
untuk memahami dan
memanfaatkan sistem
akuntansi dan kelemahan pengendalian
internal.
3). Keyakinan
bahwa dia tidak akan terdeteksi atau
jika tertangkap
dia
akan keluar dengan
mudah (Kassem and Higson, 2012).
Wolfe dan
Hermanson (2004) menjelaskan
sifat-sifat
terkait elemen capability yang sangat penting dalam pribadi
pelaku kecurangan, yaitu:
1. Positioning
Posisi seseorang atau
fungsi dalam
organisasi dapat memberikan
kemampuan untuk membuat atau memanfaatkan kesempatan untuk
penipuan.Seseorang dalam posisi otoritas
memiliki pengaruh lebih
besar
atas situasi
tertentu atau
lingkungan.
2. Intelligence and creativity
Pelaku kecurangan ini memiliki pemahaman yang
cukup dan mengeksploitasi
kelemahan pengendalian internal
dan untuk menggunakan
posisi, fungsi, atau akses berwenang untuk keuntungan terbesar.
3. Convidence /
Ego
Individu harus
memiliki ego yang kuat
dan keyakinan yang besar dia tidak akan terdeteksi. Tipe kepribadian
umum termasuk seseorang yang didorong untuk berhasil di
semua biaya, egois,
percaya diri,
dan sering mencintai
diri sendiri (narsisme).
Menurut Diagnostic
and Statistical Manual of
Mental Disorder, gangguan
kepribadian narsisme meliputi
kebutuhan untuk dikagumi dan kurangnya empati untuk
orang lain. Individu
dengan gangguan ini percaya bahwa mereka lebih unggul dan cenderung ingin
memperlihatkan
prestasi dan kemampuan
mereka.
4. Coercion
Pelaku
kecurangan dapat memaksa orang lain untuk melakukan
atau menyembunyikan penipuan.
Seorang individu
dengan kepribadian yang persuasif dapat lebih berhasil meyakinkan
orang lain untuk pergi
bersama dengan penipuan atau
melihat ke arah lain.
5. Deceit
Penipuan yang sukses
membutuhkan
kebohongan efektif dan
konsisten. Untuk menghindari
deteksi, individu harus
mampu berbohong meyakinkan,
dan harus melacak cerita secara keseluruhan.
6. Stress
Individu harus
mampu mengendalikan
stres
karena melakukan
tindakan
kecurangan dan
menjaganya agar tetap tersembunyi sangat
bisa
menimbulkan stres.
Fraud Pentagon (Crowe’s fraud pentagon theory)
Teori terbarukan yang mengupas lebih mendalam mengenai faktor-faktor pemicu fraud adalah teori fraud pentagon (Crowe’s fraud pentagon theory). Teori
ini
dikemukakan oleh Crowe Howarth pada 2011. Teori fraud pentagon merupakan perluasan dari teori fraud triangle yang sebelumnya
dikemukakan oleh Cressey, dalam teori ini menambahkan dua elemen fraud lainnya yaitu kompetensi
(competence) dan
arogansi (arrogance).
Crowe’s fraud
pentagon theory
(Crowe, 2011)
Kompetensi (competence) yang dipaparkan dalam teori fraud pentagon memiliki makna yang
serupa dengan kapabilitas/kemampuan (capability) yang sebelumnya dijelaskan dalam
teori fraud
diamond oleh Wolfe dan Hermanson pada 2014.
Kompetensi/kapabilitas merupakan kemampuan karyawan untuk
mengabaikan kontrol
internal, mengembangkan strategi penyembunyian, dan mengontrol situasi sosial untuk keuntungan pribadinya (Crowe, 2011). Menurut Crowe, arogansi adalah sikap superioritas
atas hak yang dimiliki dan
merasa bahwa
kontrol internal atau kebijakan perusahaan tidak berlaku untuk dirinya.
FRAUD SCHEMES (SKEMA PENIPUAN)
Acfe Fraud Tree
Model ACFE mengkategorikan skema penipuan individu menjadi
model klasifikasi kategori, subkategori, dan microkategori. Tiga kategori utama
yaitu:
1. Penipuan korupsi.
2. Penipuan
penyalahgunaan aset.
3. Penipuan
laporan keuangan.
Karakteristik
yang menggambarkan atau mendefinisikan penipuan laporan keuangan sangat berbeda dengan yang menggambarkan
penyalahgunaan aset, bila menggunakan deskriptor yang sama.
-
Fraudster
Fraudster cenderung pada manajemen eksekutif, biasanya CEO, kepala keuangan (CFO), atau Manajer C-level lainnya dalam penipuan laporan keuangan.
Para fraudster yang melakukan penyalahgunaan aset, biasanya karyawan.
-
Size of the fraud
Rata-rata
penipuan laporan keuangan adalah antara $ 1 juta dan $ 257,9 juta tergantung pada survei dan tahun.
2008 Statistik RTTN menunjukkan
rata-rata
penipuan laporan keuangan pada $ 2 juta, namun itu lebih tinggi di masa lalu.
-
Frekuensi Penipuan
Lebih dari 92
persen dari semua penipuan diklasifikasikan dalam kategori ini. Penipuan keuangan, dengan perbandingan,
terdiri hanya 7,9 persen dari semua penipuan oleh terjadinya. Korupsi terdiri 30,1 persen dari penipuan. Perlu dicatat bahwa beberapa fraudster tidak hanya
sesekali melakukan penipuan.
-
Motivasi
Daftar motivasi yang dikenal yaitu psikotik, ekonomi, egosentris, ideologis, dan emosional.
Motivator tertentu terkait dengan penipuan laporan keuangan, dan motivator yang berbeda
cenderung berhubungan dengan
penipuan
penyalahgunaan aset. Asosiasi tersebut sangat berharga dalam melakukan investigasi audit penipuan,
dan mereka merancang
program antifraud untuk
manajemen atau
dewan.
-
Materialitas
Kategori fraud juga berbeda di
bidang materialitas. Finansial penipuan sering akan dianggap material kepada organisasi.
-
Dermawan
Penipuan
laporan keuangan dilakukan atas nama perusahaan, meskipun biasanya karena penipuan tersebut
menguntungkan fraudster. Jenis penipuan ini disebut sebagai penipuan bagi perusahaan.
Penipuan Laporan Keuangan
Terdapat 3
alasan auditor yang paling mungkin paling bertanggung jawab atas penipuan laporan
keuangan adalah auditor keuangan.
1. Jumlah penipuan laporan keuangan
secara total cenderung mengarah ke salah saji material dari laporan keuangan.
Tujuan dari audit keuangan untuk memastikan bahwa laporan keuangan menyajikan
laporan keuangan suatu entitas dalam semua hal yang material.
2. Audit laporan
keuangan yang cocok untuk mendeteksi laporan keuangan penipuan. Prosedur untuk mendeteksi kecurangan sangat berbeda dari
prosedur yang digunakan
dalam audit
keuangan untuk mendeteksi salah saji material, terutama dalam audit keuangan sering menggunakan teori statistik berdasarkan
materialitas.
3. Manajemen
eksekutif yang terlibat dengan penipuan laporan keuangan, pihak lain internal perusahaan (seperti manajemen
lainnya, akuntansi, atau auditor internal) dapat
tertipu atau dipaksa
terlibat.
Penyalahgunaan Aset: Auditor
Internal
Fungsi audit internal lebih cocok untuk mengawasi program
antifraud terus menerus, sebagian besar karena prosedur audit keuangan tidak
dirancang untuk mendeteksi penipuan, dan audit internal dapat merancang program
dan prosedur untuk mendeteksi penipuan. Program antifraud biasanya dimulai dan
diawasi oleh salah satu panitia audit atau CEO / CFO atau keduanya.
Skema Laporan Keuangan
Kategori skema laporan keuangan dipecah menjadi dua
subkategori: keuangan dan non keuangan. Ada lima skema di bawah subkategori ini
di fraud tree.
-
Difference Timing
Ada berbagai
cara untuk memperbuat skema perbedaan waktu untuk membesar-besarkan pendapatan untuk periode fiskal saat
ini. Salah satu cara adalah metode saluran isian, metode ini mendorong
kelebihan persediaan
untuk penjual atau konsinyasi dimana persediaan diperlakukan sebagai penjualan.
-
Pendapatan
fiktif
Pendapatan
fiktif diciptakan hanya dengan mencatat penjualan yang tidak pernah terjadi. Mereka dapat melibatkan pelanggan nyata
atau palsu.
-
Manipulasi
kewajiban
Cara untuk
melakukan skema penipuan ini dengan cara tidak menampilkan kewajiban di bulan
kedua belas tahun fiskal, sehingga pada tahun berjalan akan mengurangi biaya dan mencatat
kewajiban yang pada bulan pertama tahun fiskal berikutnya.Cara lain untuk melakukan penipuan ini
adalah untuk memindahkan kewajiban ke tempat
lain.
-
Pengungkapan yang tidak tepat
Salah satu
prinsip penipuan adalah bahwa hal itu selalu klandestin. Fraudster akan mencoba untuk menutupi penipuan dalam buku-buku.
-
Impropper Asset Valuation
Salah satu cara
nya adalah dengan meninggikan nilai aset seperti piutang umum, persediaan, dan aset jangka panjang, memanfaatkan
biaya, atau mengempis akun kontra (tunjangan piutang ragu-ragu, bantahan, amortisasi, dll), hal tersebut dapat
meninggikan nilai ekuitas dalam laporan keuangan.
Skema Korupsi
-
Konflik Kepentingan
Konflik kepentingan terjadi ketika
seorang karyawan, manajer, atau eksekutif memiliki kepentingan ekonomi atau pribadi yang
tidak diungkapkan dalam transaksi yang berdampak negatif mempengaruhi perusahaan.
-
Penyuapan
Suap dapat didefinisikan sebagai
korban, memberi, menerima, atau meminta apapun nilai untuk mempengaruhi tindakan atau keputusan bisnis
resmi. Hal ini mungkin yang paling sering dikaitkan dengan politik.
-
Gratifikasi illegal
Gratifikasi ilegal mirip dengan suap,
tetapi dengan gratifikasi ilegal tidak ada maksud untuk mempengaruhi keputusan bisnis.
-
Pemerasan ekonomi
Pemerasan ekonomi adalah kebalikan dari
penipuan suap. Alih-alih
Vendor yang
menawarkan suap, karyawan menuntut pembayaran dari vendor dalam rangka untuk mendukung vendor.
Skema Penyalahgunaan Aset
Joe Wells mendefinisikan penyalahgunaan mencakup lebih dari
pencurian atau penggelapan.
-
Uang Tunai
Skema cash melibatkan mengambil uang
tunai dari seseorang. Skema cash
mendominasi
kasus penyelewengan aset, menurut statistik dari ACFE. Dalam tahun 2008 RTTN, 85 persen dari semua
penipuan penyalahgunaan aset
terlibat
penyalahgunaan kas.
Skema cash, di
fraud tree, dibagi
menjadi tiga kelompok:
pencurian,
penipuan pembayaran, dan skimming.
-
Pencurian
Joe Wells mendefinisikan pencurian uang
tunai sebagai pengambilan sengaja kas (mata uang dan cek) tanpa persetujuan. Pencurian kas adalah pencurian langsung
uang tunai. Menurut ACFE 2008 RTTN, 10,3 persen
dari semua penipuan adalah
pencurian uang tunai, dan hilangnya rata-rata adalah $ 75.000.
-
Fraudulent Disbursement
Penyaluran dana yang di buat dari beberapa rekening perusahaan
dalam apa yang tampaknya menjadi cara yang normal tapi sebenarnya penipuan.
-
Skema Penagihan
Skema penagihan menggunakan sistem
akuntansi perusahaan untuk mencuri dana dengan mengajukan klaim palsu dalam satu bentuk atau
lain.
-
Skema Shell Perusahaan
Skema perusahaan shell menggunakan perusahaan fiktif, diciptakan untuk tujuan tunggal
melakukan penipuan, untuk menghasilkan cek dari sumber daya perusahaan yang akan diarahkan ke
pelakunya. Biasanya
perusahaan fiktif memiliki nama palsu. Kadang-kadang pelakunya akan menggunakan derivasi dari
nama vendor yang sah untuk membingungkan orang-orang yang mungkin melihat cek atau nama fiktif vendor.
-
Skema Pass-Melalui (pass-trough
scheme)
Skema ini adalah versi dari vendor
shell skema di mana pelaku membuat sebuah
perusahaan, tetapi dalam skema ini, dia benar-benar membeli produk melalui vendor pass-through.
-
Skema Penjual Nonaccomplice
Berbeda dengan dua vendor yang
sebelumnya, skema penjual nonaccomplice melibatkan vendor yang sah.
-
Skema Pembelian Pribadi
Skema pembelian pribadi hanya membeli barang-barang pribadi dengan
uang perusahaan. Dengan kemajuan teknologi internet dan metode pembelian, jauh
lebih mudah untuk
memperbuat semacam skema ini.
-
Skema Payroll
Skema Payroll mirip dengan skema penagihan
kecuali bukan membayar vendor, perusahaan membayar karyawan.
-
Skema Komisi
Dalam skema komisi, fraudster menggunakan beberapa metode: menghasilkan penjualan palsu,
melebih-lebihkan penjualan, meningkatkan tingkat komisi, atau menggunakan beberapa cara lain untuk
mendapatkan komisi lebih dari yang sah diterima.
Fraud Tree
dan Pencegahannya
Fraud atau kecurangan adalah sebuah
kerugian yang dialami oleh tiap perusahaan atau organisasi. Fraud dapat
diartikan sebagai kecurangan. Dalam hal ini kecurangan dapat dilakukan oleh
siapa saja, baik oleh sorang karyawan biasa, maupun manajer yang memiliki
kedudukan tinggi dalam sebuah organisasi.
Association of Certified Fraud
Examiners (ACFE) menggambarkan occupational fraud dalam bentuk fraud tree.
Pohon ini memberikan gambaran cabang-cabang dari fraud dalam hubungan kerja,
beserta ranting dan anak rantingnya. Para akuntan cenderung lebih memahami
fraud tree dalam bahasa inggris daripada pohon tree, karena fraud tree lebih
sering digunakan.
Occupational
fraud tree memiliki tiga cabang utama, yaitu corruption,
asset missappropriation, dan fraudelent statements yang dapat
digambarkan sebagai berikut :
Berdasarkan bagan diatas, fraud
terbagi dalam 3 kelompok besar yaitu Corruption, Asset Misappropriation dan
Fraudulent Statement. Dari 3 kelompok besar tersebut nantinya akan
diklasifikasi lagi.
Corruption
Korupsi disini merupakan
penyalahgunaan wewenang. Maka dari itu pelaku korupsi ini biasanya merupakan
orang-orang yang memiliki kedudukan dalam suatu instansi maupun organisasi.
Contohnya bisa kita lihat sendiri pada banyak kasus yang terjadi di Indonesia.
Biasanya koruptor tersebut merupakan pejabat negara atau instansi yang memiliki
kewenangan tertentu. Terjadinya korupsi bisa terjadi karena beberapa hal,
antara lain:
1.
Konflik Kepentingan. Hal ini
sering kita jumpai dalam berbagai bentuk, di antaranya bisnis pelat merah atau
bisnis pejabat dan keluarga beserta kroni mereka yang menjadi pemasok atau
rekanan di lembaga-lembaga pemerintah dan di dunia bisnis sekalipun.
2.
Penyuapan.
Praktek-praktek penyuapan sesungguhnya banyak terjadi dalam dunia bisnis di
sekitar kita. Penyuapan biasanya dilakukan agar dapat menghindari prosedur atau
birokrasi yang terkesan berbelit-belit. Penyuapan ada berbagai macam bentuknya.
Kickback meruapkan salah satu bentuk penyuapan dimana penjual menyerahkan
sebagian dari hasil penjualannya. Prosentase yang diserahkan itu bisa diatur
dimuka atau diserahkan sepenuhnya kepada penjual. Dalam hal terakhir, apabila
penerima kickback mengganggap kickback yang diterimanya terlalu kecil maka dia
akan mengalihkan bisnisnya ke rekanann yang mampu memberi kickback yang lebih
tinggi.
3.
Illegal Gratuities adalah
pemberian arau hadiah yang merupakan dalam bentuk terselubung atau sering
disebut juga sebagai gratifikasi.
Asset Misappropriation
Merupakan pengambilan asset secara
illegal atau sering juga disebur sebagai penggelapan. Asset missappropriation
biasanya dilakukan dengan 3 cara antara lain :
1.
Skimming: dalam skimming uang
dijarah sebelum uang tersebut secara fisik masuk ke perusahaan. Cara ini
terlihat dalam fraud yang sangat dikenal oleh auditor, yaitu lapping.
2.
Larceny. Berbeda dengan skimming,
maka larceny yaitu menjarah uang ketika sudah masuk dalam perusahaan. Dalam
fraud tree larceny ada 5 yaitu billing schemes, Payroll Schemes, Expense
Reimbursement Schemes, Check Tampering dan Register Disbursement.
-
Billing Schemes: adalah skema dengan
menggunakan proses billing atau pembebanan tagihan sebagai sarananya. Pelaku
dapat mendirikan perusahaan bayangan yang seolah-olah merupakan pemasok atau
rekanan atau kontraktor sungguhan. Perusahaan bayangan ini merupakan sarana
untuk mengalirkan dana secara tidak sah ke luar perusahaan.
-
Payroll Schemes: adalah sekema
melalui pembayaran gaji. Bentuk permainannya antara lain dengan pegawai atau
karyawan fiktif. Atau dalam pemalsuan jumlah gaji. Jumlah gaji yang dilaporkan
lebih besar dari gaji yang dibayarkan.
-
Expense Reimbursement Schemes. Sekam
melalui pembayaran kembali-biaya-biaya, misalnya biaya perjalanan. Contoh
seorang salesman mengambil uang muka perjalanan dan sekembalinya dari
perjalanan dia membuat perhitungan biaya perjalanan. Kalau biaya perjalanan
melampaui melampaui uang mukanaya, ia akan meminta penggantian. Ada beberapa
cara skema melalui reimbursement ini. rincian biaya menyamarkan jenis
pengeluaran yang sebenarnya atau biayanya dilaporkan lebih besar dari
pengeluaran sebenarnya.
-
Check Tampering: pemalsuan cek.
-
Register Disbursement adalah
pengeluaran yang sudah masuk dalam Cash Register. Skema ini melalui register
disbursement pada dasarnya ada dua yaitu pengembalian uang yang dibuat-buat dan
pembatalan palsu.
3.
Fraudulent Statement yakni fraud yang berkenaan dengan penyajian laporan keuangan.
Ada beberapa cara yang dapar dilakukan antara lain menyajikan asset atau
pendapatan lebih tinggi dari yang sebenarnya dan juga menyajikan asset atau
pendapatan lebih rendah dari yang sebenarnya.
Pencegahan Fraud
Ada banyak cara yang dipakai untuk
mencegah fraud. Dalam teori fraud untuk mendeteksi sebuah fraud dimulai dengan
mengidentifikasi skema fraud yang sering digunakan dan bagaimana fraud tersebut
dapat terjasi. Tetapi untuk membuktikannya penyekidik perlu mengetahui skema
fraud, fraud triangle, sesuatu mengenai pengendalian dan juga beberapa indikasi
mengenai fraud.
Dalam penelitian dari ACFE
mengemukakan bahwa dalam beberapa tahun dari mulai 1996 hingga 2008 kasus fraud
dapat diungkap karena adanya tip atau aduan. Selain itu fraud dapat diketahui
dengan tanpa disengaja, internal audit, internal audit. Kemudian fraud juga
dapat diketahui karena adanya pemeriksaan pihak luar seperti kantor akuntan
publik yang melaksanakan audit tahunan dan juga dari penegak hukum.
Metode lain dapat dikembangkan untuk
pencegahan fraud secara umum maupun secara spesifik. Beberapa metode dapat
digunakan sebagai deteksi secara umum antara lain:
1.
Internal audit yang secara aktif
terlibat dalam aktivitas pencegahan fraud.
2.
Sarbanes Oxley Act section 404 yang
dapat memberikan petunjuk untuk mengidentifikasi kelemahan dari yang bisa
mengakibatkan resiko lebih tinggi untuk area atau proses bisnis
3.
Analisis vertikal dan horisontal
pada laporan keuangan, khususnya ketika perbandingan antara unit bisnis dan
data.
4.
Analisis rasio, khususnya
menganalisis trend dalam beberapa tahun terakhir dan dengan membandingkan unit
bisnis dengan unit lainnya dan juga dengan perusahaan secara keseluruhan.
5.
Audit mendadak atau perhitungan kas
secara mendadak.
6.
Aduan secara anonim dan sistem
pengaduan dimana karyawan, vendor atau pelanggan dapat mengakses dengan mudah,
nyaman dan aman.
7.
Data mining untuk mendetekasi adanya
indikasi kecurangan.
Penelitian mengenai skema fraud yang
dilakukan jajaran tinggi dalam perusahaan dan juga indikasi dari tiap fraud
adalah kunci sukses dalam mendeteksi terjadinya frud. Melalui pengertian dan
analisis dalam mengetahui indikasi kecurangan akan membantu dalam mengembangkan
metode deteksi fraud, penelitian dari ACFE sendiri telah memberikan pandangan
dalam metode deteksi yang efektif.
The Committee of Sponsoring
Organization (COSO) edisi lama
Setelah
beberapa kegagalan audit yang signifikan terjadi selama tahun 1980an di Amerika
Serikat, maka di tahun 1992 The Committee of Sponsoring Organization of
The Treadway Committee (COSO) dibentuk untuk mendefinisikan kembali
pengendalian intern dan kriteria untuk menentukan efektivitas suatu sistem
pengendalian intern. COSO menerbitkan laporan Internal
Control-Integrated Framework yang terdiri dari empat jilid laporan
berdasarkan hasil riset, diskusi, perdebatan, pertimbangan, draft, eksposur
yang diajukan kepada konstituen.
Laporan
COSO menggambarkan pandangan dari banyak partisipan, meliputi lima anggota
organisasi yang mensponsori yakni :
1. The
American Institute of Certified Public Accountants (AICPA),
2. The
Institute of Internal Auditors (IIA),
2. The
American Accounting Association (AAA),
3. The
Institute of Management Accountants (IMA),
4. Anggota direksi,
5. Direktur auditor
intern, dan lain-lain.
Laporan
COSO 1992 mengubah cara pandang terhadap pengendalian intern. Meskipun
laporan COSO merupakan definisi konsensus, namun isinya dibangun untuk memberikan
suatu kerangka kerja pengendalian intern umum. Laporan COSO didesain
untuk mengakomodasi perspektif berbagai pihak, serta memuaskan kebutuhan semua
kelompok yang berhubungan dengan pengendalian intern.
Maka
tak heran jika laporan COSO pun mendapat akseptasi yang luas dari manajemen
entitas, auditor ekstern dan intern, Chief Financial Officer (CFO),
akuntan manajemen, dan otoritas pengatur. Manajemen dan departemen audit
intern dari berbagai entitas, baik pencari laba maupun tidak, menggunakannya
untuk menerapkan dan menilai pengendalian intern.
1.
Badan legislatif dan
pengatur di Amerika Serikat menyebutkan laporan COSO dalam hukum dan peraturan.
2.
Auditor ekstern mengadopsi
laporan COSO dalam standar profesional dengan menerbitkan SAS Nomor 78 yang
menyatukan kriteria COSO. SAS Nomor 78, pengganti SAS Nomor 55, merupakan
standar profesional utama yang menerapkan standar kedua pekerjaan
lapangan. Maka laporan COSO pun otomatis memiliki pengaruh yang besar
terhadap standar auditing.
COSO
mendedikasikan untuk menyediakan kepemimpinan pemikiran melalui pengembangan kerangka kerja
dan pedoman manajemen risiko perusahaan, pengendalian
internal dan pencegahan penipuan dan berdiri pada tahun 1985.
Walaupun
disponsori sama 5 professional association, tapi pada dasarnya komisi ini
bersifat independen dan orang-orang yang duduk di dalamnya berasal dari beragam
kalangan: industri, akuntan publik, Bursa Efek, dan investor. Nama ‘Treadway’
sendiri berasal dari nama ketua pertamanya yaitu James C. Treadway, Jr.
Adapun Visi dan Misi adalah
sebagai berikut :
Misi
Komite
Sponsoring Organisasi '(COSO) misinya adalah untuk memberikan pemikiran
kepemimpinan melalui pengembangan kerangka kerja yang komprehensif dan pedoman
manajemen risiko perusahaan, pengendalian internal dan pencegahan penipuan yang
dirancang untuk meningkatkan kinerja organisasi dan pemerintahan dan untuk
mengurangi tingkat kecurangan dalam organisasi.
Visi
Visi COSO
adalah untuk menjadi pemimpin pemikiran yang diakui di pasar global pada
pengembangan bimbingan di bidang risiko dan kontrol yang memungkinkan tata
kelola organisasi yang baik dan pengurangan penipuan.
Pada
tahun 1992 COSO mengeluarkan definisikan tentang pengendalian
intern sebagai berikut: Internal control is process, affected by entility’s
board of directors, management and other personnel, designed to provide
reasonable assurance regarding the achievement of objectives in the following
categories:
- Effectiveness and efficiency of operations
- Realibillty of Financial Reporting
- Compliance with Applicable laws and regulations
Atau terjemahan bebasnya
adalah sebagai berikut : sistem pengendalian internal merupakan suatu proses
yang melibatkan dewan komisaris, manajemen, dan personil lain, yang dirancang
untuk memberikan keyakinan memadai tentang pencapaian tiga tujuan berikut ini:
- Efektivitas dan efisiensi operasi
- Keandalan pelaporan keuangan
- Kepetuhan kerhadap hukum dan peraturan yang berlaku).
COSO
TERBARU TAHUN 2013
Pada tanggal 14 Mei 2013, COSO menerbitkan
Internal Control Intergrated Framework (ICIF) sebagai revisi dari versi tahun
1992. Revisi kerangka kerja pengendalian internal ini diharapkan akan membantu
meningkatkan pelaksanaan pengendalian internal di setiap organisasi, walaupun
penyesuaian lebih lanjut diperlukan untuk menyelaraskan pengendalian internal
di seluruh dunia dan untuk membantu organisasi mengelola risiko secara lebih
baik dan untuk meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Pada edisi yang
baru ini. COSO (2013:3) mendefinisikan pengendalian internal sebagai berikut “
Internal control is a process, effected by an entity’s board of directors,
management, and other personnel, designed to provide reasonable assurance
regarding the achievement of objectives relating to operations, reporting, and
compliance”. Secara prinsip definisi pada kerangka kerja pengendalian internal
menurut kerangka kerja (framework) tahun 2013 ini tidaklah ada perbedaan
mendasar dengan pengertian sebelumnya.
Dengan terbitnya Internal Control – Integrated Framework
Tahun 2013, terjadi beberapa perubahan dibandingkan dengan Internal Control –
Integrated Framework Tahun 1992. Perubahan-perubahan yang terjadi secara umum
antara lain:
1. Kerangka yang baru memberikan perhatian yang
lebih besar pada prinsip. Prinsip-prinsip ini dimaksudkan untuk profit
companies, non-profit companies, badan pemerintah dan organisasi lainnya.
Komponen dan prinsip terdiri dari kriteria yang akan membantu manajemen untuk
menilai apakah entitas telah memiliki IC yang efektif.
2. Memperluas kategori reporting objectives
dengan mempertimbangkan pelaporan eksternal di luar pelaporan keuangan serta
pelaporan internal baik keuangan maupun non-keuangan.
3. Menjelaskam peran penetapan tujuan, tidak
hanya merupakan proses manajemen yang dilakukan di pra-kondisi IC, tetapi
diperluas dengan menentukan tujuan dengan mempertimbangkan kesesuaiannya.
4.
Memperluas konsep governance terutama yang
terkait dengan board of directors, commitee of the board, termasuk audit,
kompensasi, nominasi, dan komite governance.
5. Mempertimbangkan globalisasi dengan mencakup
perubahan dalam model operasi manajemen, struktur legal entitas dan peran
terkait, tanggung jawab dan akuntabilitas terkait IC dalam unit dan sub-unit
serta mempertimbangkan risiko internal terkait merger dan akuisisi.
6.
Mempertimbangkan struktur organisasi dan
model bisnis yang berbeda yang telah banyak mengalami perubahan, tanggung jawab
IC dari tiap model, dan pencapaian dalam efektivitas IC.
7. Mempertimbangkan tuntutan dan kompleksitas
dalam undang-undang, peraturan, dan standar dengan mengakui peran regulator dan
standard-setter dalam penetapan tujuan serta menetapkan kriteria untuk menilai
dan melaporkan defisiensi IC.
8.
Mempertimbangkan ekspektasi yang lebih besar
terhadap kompetensi dan akuntabilitas. Organisasi bisa menggeser model operasi
dengan mendelegasikan kewenangan dan akuntabilitas yang lebih besar.
9.
Mencerminkan peningkatan relevansi teknologi
yang berpengaruh terhadap bagaimana komponen IC dilaksanakan.
10. Memuat
lebih banyak pembahasan mengenai fraud serta mempertimbangkan potensi fraud
sebagai prinsip IC.
Selain
perubahan-perubahan tersebut, terdapat juga perubahan-perubahan dalam tata
letak kerangka seperti tata letak chapter serta perubahan kunci yang terjadi
pada komponen IC.
Kerangka
pengendalian internal COSO (2013) menetapkan lima komponen pengendalian
internal:
1.
Suasana atau lingkungan pengendalian (control
environment)
Lingkungan
pengendalian mencakup standar, proses, dan struktur yang menjadi landasan
terselenggaranya pengendalian internal di dalam organisasi secara menyeluruh.
Lingkungan pengendalian tercermin dari suasana dan kesan yang diciptakan dewan
komisaris dan manajemen puncak mengenai pentingnya pengendalian internal dan
standar perilaku yang diharapkan.
2.
Penilaian risiko (risk
assessment)
COSO
merumuskan definisi risiko sebagai kemungkinan terjadinya suatu kejadian yang
akan berdampak merugikan bagi pencapaian tujuan. Risiko yang dihadapi
organisasi bisa bersifat internal (berasal dari dalam) ataupun eksternal
(bersumber dari luar). Penilaian risiko adalah proses dinamis dan berulang
(iteratif) untuk mengenali (identifikasi) dan menilai (analisis) risiko atas pencapaian
tujuan. Risiko yang teridentifikasi selanjutnya dibandingkan dengan tingkat
toleransi risiko yang telah ditetapkan.
3.
Aktivitas pengendalian (control
activities)
Aktivitas-aktivitas
pengendalian mencakup tindakan-tindakan yang ditetapkan melalui satu set
kebijakan dan prosedur (misalnya prosedur operasi standar atau SOP) untuk
membantu memastikan dilaksanakannya arahan manajemen dalam rangka meminimalkan
risiko atas pencapaian tujuan.
4.
Informasi dan komunikasi (information
and communication)
Entitas
memerlukan informasi demi terselenggaranya tanggung jawab pengendalian internal
yang mendukung pencapaian tujuan.
5.
Pemantauan (monitoring)
Pemantauan mencakup evaluasi berkelanjutan, evaluasi terpisah, atau kombinasi dari keduanya yang dimaksudkan untuk memastikan tiap-tiap komponen pengendalian internal ada dan berfungsi sebagaimana mestinya.
Pemantauan mencakup evaluasi berkelanjutan, evaluasi terpisah, atau kombinasi dari keduanya yang dimaksudkan untuk memastikan tiap-tiap komponen pengendalian internal ada dan berfungsi sebagaimana mestinya.
Prinsip-prinsip pengendalian internal :
1.
Lingkungan
pengendalian
2.
Penilaian
risiko
3.
Aktivitas
pengendalian
4.
Informasi
dan komunikasi
5.
Monitoring
Activities
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar